about us
03 October 2016

Logistik: Peranan Penting dalam Sebuah Perusahaan

Pertanyaan saya mungkin ditambah lagi. Mengapa Logistik begitu penting dalam kehidupan kita sehari-hari? 

Baru beberapa hari ini rasa kepenasaran saya bertambah untuk mengetahui hal-hal seperti ini. Banyak orang bilang saya orang 'random' - yang artinya saya orangnya tiba-tiba mood-nya di sini, lalu tiba-tiba di situ, dan sebagainya. Sama juga halnya ketika membicarakan atau ingin mengetahui tentang sesuatu. Saya pada dasarnya suka random googling

Awalnya dari kata-kata yang menempel dibenak saya hingga akhirnya saya mencoba untuk mengetik cepat bertanya ke Google yang biasanya saya awali dengan kata kunci seperti ini: "What does (kata benda) supposed to mean?" atau "(kata benda) definition" atau pertanyaan-pertanyaan yang pada saat itu menempel di benak saya saja. Untuk kali ini, pertanyaan yang dibenak saya adalah seperti judul di atas berikut. 

Yup, saya memang bukan orang bisnis, akan tetapi saya sedang menuntut ilmu tentang hal ini. Telah diprediksikan dalam 10 sampai 20 tahun lagi bahwa Logistik di pekerjaan lapangan akan amat sangat dibutuhkan sekali dengan starter salary yang tinggi. Tapi ingat, disini saya tidak ingin konsentrasi tentang uang dan berapa besar gaji yang akan kita dapat jika ingin bekerja di 'field' ini. Yang ingin saya konsentrasi dalam posting ini adalah saya ingin meluruskan dan menyimpulkan apa yang saya baca dari salah satu postingan blog - boleh sebut saja seperti artikel karena isinya sangat menarik dan point-point dari artikel tersebut, menurut saya, sangat signifikan. Bagi yang belum mengerti arti kata Logistik, yuk simak yuk!

Logistics: What It Is and Why It's Important to Your Company". Saya baru memahami bahwa Logistik adalah proses seperti sebuah sirkulasi. Artinya, sebuah proses yang berawal dari titik A ke titik B dan pada akhirnya balik lagi ke titik A. Bagaimana penjelasan dalam business-nya? "The term, “logistics,” and its actions originated with the military. In the war theater, logistics applied to the process of supplying equipment and supplies to troops. Logistics as a business concept evolved in the 1950s with the increasing complexity of supplying businesses with materials and shipping out products in an increasingly globalized supply chain. Today, the business sector uses this term to describe the efficient flow and storage of goods from point of origin to the point of consumption. The supply chain is a vital part of this process, including transportation, shipping, receiving, storage, and management of all these areas. Within the business sector, logistics can be applied to information, transportation, inventory, warehousing, material handling, and packaging, disposal, and security." (logisticsdegree.net).

Jika diartikan (mungkin lebihnya diinterpretasikan), logistik adalah salah satu aksi yang sebenarnya berawal untuk kebutuhan militer. Di masa perang dahulu, logistik adalah salah satu peranan penting dimana proses dalam menyediakan peralatan dan persediaan militer kepada anggota-anggota perang. Konsep logistik berawal dari tahun 1950-an dengan peningkatan kompleksitas bisnis persediaan dengan material dan mengirim barang di peningkatan globalisasi persediaan berantai.

Hari ini, sektor bisnis menggunakan 'term' logistik ini untuk menjelaskan tentang efisiensi aliran dan penyimpanan barang-barang dari point awal ke point konsumsi (biasanya saya suka menyebut dari point A ke point B agar mudah dimengerti). 'Supply chain' atau persediaan berantai adalah pernanan penting dalam proses tersebut yang mencakupi transportasi, pengiriman, penerimaan, penyimpanan dan penagturan dalam semua area. Di daerah sektor bisnis, logistik bisa digunakan untuk informasi, transportasi, inventarisasi, pergudangan, 'material handling', 'packaging', pembuangan, dan sekuritas. 


Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/afigrids/logistik-peranan-penting-dalam-sebuah-perusahaan_552e08976ea8340c258b4583